Selasa, 25 Januari 2022

Ini Dia Cara Kerja Algoritma TikTok

Melihat pertumbuhan yang pesat dari TikTok, merek pun turut masuk ke di dalam platform ini untuk mempromosikan product atau jasanya.  Namun, untuk dapat mengfungsikan platform ini bersama

dengan optimal, anda perlu memahami terutama dahulu cara kerja algoritma TikTok agar engagement kontenmu dapat meningkat.

Walaupun relatif baru dibandingkan Instagram atau Facebook, TikTok kini menjadi tempat sosial bersama dengan pertumbuhan yang paling pesat. Tak sedikit tren dan konten yang viral pas ini berasal dari TikTok. Bahkan Indonesia menjadi negara yang paling banyak mengunduh aplikasi TikTok.

Jika anda idamkan memperluas branding bisnismu bersama dengan Tiktok, pahami dahulu cara kerja algoritmanya dan faktor-faktor yang mempengaruhi jangkauan audiens.

1.Interaksi

Seperti algoritma Instagram, algoritma TikTok juga bekerja berdasarkan pertalian penggunanya. Jika pengguna kerap berinteraksi bersama dengan akun-akun tertentu, maka dia akan lebih condong untuk memandang konten dari akun-akun tersebut.

Cara kerja TikTok adalah pertama sehabis video diunggah, algoritma akan membagikannya ke sekelompok kecil pengguna. Pengguna ini dapat dari mereka yang ikuti account pembuatnya.


Namun pengguna-pengguna ini merupakan mereka yang dinilai TikTok lebih barangkali untuk berinteraksi bersama dengan konten berikut berdasarkan tingkah laku mereka.

Jika mereka menyukainya, sekiranya bersama dengan menonton video berikut sampai habis atau membagikannya ke pengguna lain, TikTok akan kemudian mendistribusikannya ke pengguna lain yang dirasa miliki minat yang sama bersama dengan kelompok pengguna pertama.

Proses ini berjalan secara berulang dan jika respons yang didapat positif, video berikut dapat viral.

Indikator yang paling kuat di dalam pertalian TikTok adalah durasi menonton video, share, dan apakah pengguna ikuti pembuat konten tersebut.

Maka dari itu, anda perlu memicu konten yang tidak cuma dapat menarik perhatian di awal tetapi dapat melindungi ketertarikan pengguna untuk menonton sampai habis.

2. Informasi Video

Informasi di sini juga pada caption, hashtag, dan audio yang digunakan.

Dalam memicu caption, teks yang ideal untuk TikTok perlu pendek dan menampilkan hashtag yang relevan.

Oleh karena itu, pas mengfungsikan hashtag, anda perlu berhati-hati. Meski hashtag berikut tengah populer, usahakan bahwa konten video yang anda buat terkait bersama dengan hashtag.

Sementara untuk audio, anda dapat mengfungsikan lagu yang tengah ngetren untuk meningkatan likes dan views.

Untuk mendapatkan nada baru, trending, dan terkenal di snaptiktok.org, anda perlu masuk ke editor video TikTok. Lalu, tekan ikon and di anggota bawah layar, ketuk “Suara”, dan anda dapat menelusuri audio apa saja yang tengah tren.

Algoritma TikTok lebih condong untuk mendorong konten yang dicari atau dieksplor penggunanya.

Misalnya jika pengguna kerap melacak hashtag khusus atau konten bersama dengan audio tertentu, mereka akan lebih condong memperoleh konten bersama dengan hashtag dan audio tersebut.

Makanya tak heran sekiranya anda kerap memandang hashtag #fyp atau #foryoupage pada caption. Menggunakan hashtag ini disebut menaikkan barangkali kontenmu terlihat di halaman ‘For You’ pengguna.

Kamu juga dapat melacak hashtag yang relevan pada tab Discovery.

3. Setting Akun

Faktor ketiga yang mempengaruhi penyebaran konten adalah setting perangkat dan account seperti tipe perangkat yang digunakan, lokasi, dan apakah pengguna berada di negara yang sama bersama dengan pembuat video. 

Inilah mengapa video pada ‘For You Page’ pengguna merupakan gabungan pada konten bersama dengan banyak likes & views dan video yang baru dicermati oleh lebih dari satu orang saja.

Artinya, walau video yang berasal dari account bersama dengan kuantitas followers yang banyak barangkali akan memperoleh view yang lebih besar, tidak menutup barangkali video dari pengguna baru bersama dengan kuantitas followers sedikit juga dapat masuk ke ‘For You Page’.

Jadi, kuantitas followers dan apakah account berikut miliki video bersama dengan performa yang bagus sebelumnya bukan menjadi aspek segera yang memilih proses panduan pada algoritma TikTok.

Hal ini menjadi kesempatan yang bagus bagi para pemilik bisnis kecil atau baru memulai usaha. Karena TikTok lebih banyak menampilkan konten dari wilayah yang sama.

Meskipun wilayah adalah variabel kecil di dalam algoritma TikTok, tetapi tidak dapat disangkal bahwa pengguna terasa memandang dan terlibat bersama dengan konten yang diunggah paling dekat bersama dengan mereka.

TikTok juga pertimbangkan feedback negatif pada video, sekiranya apakah pengguna berarti suatu konten ‘Not interested’ (‘Tidak tertarik’) atau sekiranya mereka memilih untuk menyembunyikan konten dari account khusus atau bersama dengan audio tertentu.

4. Konten dan Pengeditan Video

Pengeditan video yang kreatif akan menghasilkan konten yang berkualitas. Dengan demikian, account bisnismu di TikTok dapat mengjangkau banyak pengguna.

Buatlah siasat pembuatan konten video yang menarik agar para pengguna menyaksikannya sampai habis.

Kamu dapat melacak referensi dari video yang tengah viral. Lalu, mengatur bersama dengan konten bisnis kamu.

Bisa juga berkolaborasi bersama dengan pengguna lain bersama dengan fitur duet. Fitur duet akan menampilkan video si pembuat konten bersama dengan video pengguna lain secara berdampingan.

Kamu pun dapat mengajak pengguna lain untuk memicu video duet. Misalnya, bersama dengan memicu video tantangan untuk berduet.

Ini adalah cara yang bagus untuk melibatkan pengguna dan menciptakan interaksi.  Membuat tantangan duet untuk audiens juga merupakan cara yang cerdas untuk menaikkan dan mengumpulkan konten buatan pengguna.

Jadi, tak cuma mengambil perhatian pengguna lewat konten video TikTok, anda juga dapat membangun pertalian yang baik bersama dengan mereka. Siapa tahu, mereka berpotensi menjadi pelangganmu.

Selain itu, maksimalkanlah fitur yang sudah dihidangkan oleh TikTok untuk mengedit video. Selalu perhatikan fitur-fitur yang ada dan cobalah untuk menggunakannya agar konten anda jadi keren.

Namun, usahakan untuk tidak memicu video berdurasi sangat panjang karena dapat memicu pemirsa bosan. Dalam hal ini, anda dapat memilih video bersama dengan panjang 10-15 detik.

Dengan video yang lebih pendek, pemirsa barangkali besar akan menonton sampai akhir (atau lebih-lebih mengulangnya sampai lebih dari satu kali) yang merupakan isyarat bagus bagi algoritma TikTok dan menjadi isyarat bahwa bahwa orang-orang nikmati kontenmu.

5. Unggah Konten bersama dengan Konsisten

Dalam membangun pertalian bersama dengan obyek audiens dibutuhkan lebih dari satu proses. Nah, keliru satu proses yang dapat anda tempuh ialah bersama dengan mengunggah konten secara konsisten.

Kembangkan account bisnismu di TikTok bersama dengan memicu beragam konten menarik dan unggah secara berkala. Jadi, akan jadi besar pula kesempatanmu untuk menjangkau lebih banyak audiens.

Kamu dapat bereksperimen bersama dengan beragam format konten. Tak cuma ikuti arus yang tengah tren, cobalah juga hal lainnya.

Bangunlah irama posting pada waktu-waktu tertentu, terutama di jam aktif pengguna. Dalam hal ini, anda dapat memicu jadwal posting dan rencana konten yang masak agar prosesnya miliki kronologis yang jelas.

Penjelasan algoritma ini tunjukkan bahwa untuk memicu konten yang dapat menjangkau banyak orang dan memperoleh engagement yang bagus, anda tidak cuma perlu memicu konten yang dapat menarik perhatian tetapi juga dapat melindungi ketertarikan pengguna sampai habis.

Selain itu, anda juga perlu perhatikan total konten juga dari caption, hashtag, dan audio yang digunakan agar kontenmu jadi banyak dilihat. 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.